• Rabu, 10 Agustus 2022

Bumikan Pancasila, BNN RI Peringati Hari Lahir Pancasila

lib
- Minggu, 5 Juni 2022 | 23:00 WIB
Pelaksanaan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila oleh para pejabat BNN RI (Instagram @infobnn_ri)
Pelaksanaan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila oleh para pejabat BNN RI (Instagram @infobnn_ri)

KABAR INSPIRASI - Sekretaris utama Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Irjen Pol I Wayan Sukawinaya, bersama para pejabat utama BNN RI mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila dengan tema "bumikan Pancasila, membangun peradaban dunia", secara virtual di ruang Pattimura-gedung BNN, Jakarta, pada Selasa (1/6).

Upacara diperingati oleh bangsa Indonesia pada 1 Juni setiap tahunnya dipimpin langsung oleh presiden RI, Joko Widodo, yang untuk pertama kalinya digelar di lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, NTT, secara daring dan luring oleh seluruh komponen bangsa Indonesia.

Baca Juga: Selamat Jalan Sang Guru Bangsa

Jokowi menyampaikan bahwa Ende dipilih sebagai lokasi pertama pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila di luar ibukota Jakarta karena memiliki sejarah panjang terumuskannya Pancasila.

Di kota Ende inilah, bung Karno merenungkan dan mengabstraksikan pikiran yang telah diperjuangkan hingga melahirkan rumusan sila-sila dalam Pancasila dan butir-butirnya.

Baca Juga: Diperingati Setiap 1 Juni, Ini Sejarah Hari Lahir Pancasila, Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia

"Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno, proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan negara," pungkasnya.

"Dari kota ini saya mengajak anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tambahnya.

Baca Juga: BPIP dan Pangdam V/Brawijaya Perkuat Kolaborasi Bumikan Pancasila

Halaman:

Editor: lib

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X