• Rabu, 10 Agustus 2022

Pemerintah Intensifkan Screening Kesehatan Jemaah Jelang Puncak Ibadah Haji

- Rabu, 29 Juni 2022 | 22:31 WIB
Salah satu petugas sedang membantu jemaah. Pemerintah mulai mengintensifkan screening kesehatan jemaah jelang puncak ibadah haji. (Kemenag.go.id)
Salah satu petugas sedang membantu jemaah. Pemerintah mulai mengintensifkan screening kesehatan jemaah jelang puncak ibadah haji. (Kemenag.go.id)

KABAR INSPIRASI - Puncak ibadah haji yang meliputi wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina, rangkaian melontar jumrah, serta thawaf ifadhah dan sa’i membutuhkan kesehatan jasmani yang prima.

Untuk itu Pemerintah mengintensifkan screening kesehatan jemaah, jelang puncak ibadah haji.

Dilansir Kabar-Inspirasi.com dari laman Kementerian Agama, melalui petugas layanan kesehatan telah melaksanakan screening kesehatan jemaah dari Madinah untuk gelombang pertama dan Makkah untuk gelombang 2.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat Kemenag: Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah Jatuh Pada 10 Juli 2022 Masehi

"Screening awal dilaksanakan dari tingkat Kelompok Terbang (kloter) oleh Tenaga Kesehatan Haji Indonesia di sektor masing-masing," kata Juru Bicara (Jubir) PPIH, Akhmad Fauzin, saat Konprensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu 29 Juni 2022.

Fauzin mengatakan, untuk Jemaah dengan risiko tinggi, dilakukan screening lanjutan dengan medical chek up di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), baik di Madinah maupun di Makkah.

"Untuk pelaksanaan screening lanjutan, jemaah difasilitasi layanan antar jemput dari tempat akomodasi atau hotel jemaah ke KKHI, pergi pulang," katanya.

Baca Juga: Faktor Cuaca, Kementerian Arab Saudi Rilis Jadwal Terbaru Lempar Jumrah

Fauzin menyampaikan bahwa screening lanjutan dilakukan setiap hari sampai menjelang pelaksanaan wukuf.

Halaman:

Editor: Anton Tuloiyo

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X