• Sabtu, 1 Oktober 2022

Waran Terstruktur Produk Investasi Baru Menjawab Kebutuhan Pasar Indonesia

- Kamis, 22 September 2022 | 10:27 WIB
Produk investasi baru hadir di Bursa Efek Indonesia. produk investasi baru tersebut diterbitkan Anggota Bursa (AB). (FOTO: IST)
Produk investasi baru hadir di Bursa Efek Indonesia. produk investasi baru tersebut diterbitkan Anggota Bursa (AB). (FOTO: IST)

KABAR INSPIRASI - Produk investasi baru hadir di Bursa Efek Indonesia. produk investasi baru tersebut diterbitkan Anggota Bursa (AB).
 

Produk tersebut diberi nama Waran terstruktur, yang diluncurkan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Waran terstruktur memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli suatu underlying asset, pada harga dan tanggal yang telah ditentukan (harga dan tanggal exercise).

Adapun underlying asset tersebutmerupakan saham-saham yang masuk dalam konstituen Indeks IDX30.
 

Mekanisme perdagangan waran terstruktur tidak berbeda dengan equity waran yang saat ini sudah marak diperdagangkan di bursa.

Perbedaan waran terstruktur dan equity waran adalah pada penerbit dan pada metode penyelesaian saat jatuh tempo.

Baca Juga: Telin Gelar Konferensi Internasional BATIC 2022

Baca Juga: Mudahnya Berwisata Dengan Tourism Collaborative Platform


Equity waran diterbitkan oleh perusahaan/emiten dari saham yang menjadi underlying, sedangkan waran terstruktur diterbitkan oleh AB yang memenuhi persyaratan OJK.

Selain itu, penyelesaian waran terstruktur pada saat jatuh tempo menggunakan cash settlement, bukan penyerahan saham (physical settlement) seperti equity waran.

Investor yang waran terstrukturnya memiliki nilai in the money, akan menerima cash sebesar selisih dari harga pasar dengan harga exercise.

Jika investor tidak ingin menyimpan waran terstruktur hingga jatuh tempo, investor dapat memperjualbelikannya di pasar sekunder layaknya equity waran.

Investor tidak perlu khawatir atas likuiditas waran terstruktur di pasar sekunder, karena terdapat liquidity provider yang memastikan investor dapat membeli atau menjual waran terstruktur setiap saat di pasar sekunder.

Pada tahap awal peluncuran waran terstruktur, diterbitkan tipe call waran, yaitu efek yang memberikan hak kepada pembelinya untuk membeli suatu saham konstituen IDX30 di harga dan tanggal yang telah ditentukan (harga dan tanggal exercise).

Baca Juga: Masih Dicap sebagai Gay, Vidi Aldiano: Itu Adalah SOP

Baca Juga: Perselingkuhan Adam Levine Viral, Inul Daratista: Ya Mending Adamnya Inul

Halaman:

Editor: U. Salim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Intip Harga Mobil Bekas Daihatsu Terios

Kamis, 29 September 2022 | 15:46 WIB

Pohon Tegakan Dipertahankan, Land Clearing Dipercepat

Rabu, 28 September 2022 | 21:08 WIB

Rela Panjat Pohon Mau Ketemu Presiden Joko Widodo

Rabu, 28 September 2022 | 15:50 WIB

Simak Peluncuran Suzuki Carry EECO!

Rabu, 28 September 2022 | 14:39 WIB
X