DPO Poso Ditembak Mati, Polisi Ungkap Daftar Tindak Tetorisme Pak Guru Askar

- Jumat, 30 September 2022 | 14:44 WIB
 Kapolda Rudy Saat Beri Keterangan Pers (Foto : Budiyanto Poso)
Kapolda Rudy Saat Beri Keterangan Pers (Foto : Budiyanto Poso)

KABAR INSPIRASI - Densus 88 Anti Teror Satgas Madagoraya menembak mati Al-Ikhwariaman alias Askar alias Jaid alias Pak Guru (33) dalam kontak tembak di wilayah Pegunungan KM 13, Desa Kawende, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Kamis (29/9) sore.

Terduga tetoris mujahidin indonesia timur (MIT) kelahiran Desa Dumu Kecamatan Langgudi Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 3 November 1988 ini ditindak tegas karena melawan saat hendak ditangkap.

Baca Juga: Antares dan Everynet Berkolaborasi untuk Perkuat Ekosistem IoT di Indonesia


Dalam keterangannya pada wartawan di Pos Kotis operasi Tinombala Desa Tokorondo Kecamatan Poso Pesisir, Kapolda Sulteng, Irjen Rudy Sufahriadi, menyebut bahwa sepak terjang Pak Guru di kelompok teroris MIT Poso sangat berbahaya dan telah menimbulkan banyak korban jiwa.

Tercatat ada 10 laporan polisi tindak pidana terorisme yang sudah dilakukan dia sepanjang tahun 2017-2021.

"Awal masuknya dia mebunuh dua anggota Polres Poso. Kemudian dia melakukan kegiatan membunuh beberapa warga di Poso, Parigi Moutong, hingga ke kabupaten Sigi," ungkap Kapolda.

Baca Juga: Mobil MPV Bongsor Milik Hyundai Ini Bakal Menjadi Pesaing Toyota Kijang Innova, Modern dan Futuristik

Awal masuk di teroris MIT Poso, Pak Guru bergabung dengan kelompok Daeng Koro. Setelah Daeng Koro tewas, dia lalu masuk ke kolompok Santoso, hingga kemudian bergabung dengan Ali Kalora. Terduga teroris berambut gondrong ini terkenal memiliki keahlian merakit bom.


Tercatat ada 10 laporan polisi atau LP tindak pidana terorisme yang sudah dilakukan Pak Guru sepanjang masuk dalam kelompok teroris MIT Poso 2017-2022.

Halaman:

Editor: lib

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Informasi Pendaftaran PPPK Kemenag

Sabtu, 26 November 2022 | 05:10 WIB

Hore, Kemenag Segera Cairkan TPG PAI Non PNS

Jumat, 25 November 2022 | 20:57 WIB
X